Pages

Saturday, November 24, 2018

Sejarah Singkat Mengapa Minggu Jadi Hari Libur di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara tentu memiliki hari libur yang berbeda. Di Indonesia sendiri,Minggu ditetapkan sebagai hari libur. Berbeda dengan Arab Saudi yang menjadikan Jumat sebagai hari libur. Ada pula Israel yang menetapkan Sabtu sebagai hari libur.

Minggu sebagai hari libur sebenarnya tak hanya berlaku di Indonesia, tetapi juga mayoritas negara di dunia. Sejarahnya berawal pada masa Romawi.

Dahulu, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara di Eropa. Wilayah kekuasaan mereka sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lainnya. Nah sejak masa itu, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan bahwa hari Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah. Sehingga mereka meliburkan segala aktivitasnya pada hari Minggu.

Bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan selalu menandai Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah. Pengaruh ini kemudian menyebar pula ke wilayah-wilayah kekuasaan bangsa Romawi tadi. Salah satunya, Belanda.

Belanda kemudian menjajah dan menguasai Indonesia. Sejak saat itu, Minggu pun ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja Indonesia. Akhirnya, tradisi libur di Minggu terus dipertahankan dan berlaku hingga kini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kim Kardashian bersama adiknya, Khloe, terciduk sebuah akun sedang liburan di Pulau Dewata Bali.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kaloe berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2QkYlXW

No comments:

Post a Comment