Pages

Wednesday, November 28, 2018

Belasan Warga di Aceh Diserang Penyakit Misterius

Liputan6.com, Aceh Barat - Belasan orang warga dari tiga desa di Kecamatan Pantong Reu, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh diduga terserang penyakit misterius.

Sepuluh orang di antaranya dilarikan ke Puskesmas sejak Senin, 26 November 2018, malam, sementara warga lainnya terpaksa bertahan di rumah masing-masing. Pasalnya, Puskesmas Meutulang kelebihan kapasitas, sementara jarak ke rumah sakit jauh.

Hingga saat ini, jenis penyakit misterius yang diderita oleh warga Desa Baro Paya, Blang Teungoh, dan Tamping itu masih menjadi tanda tanya. Tim dari Dinas Kesehatan yang turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan tidak bisa memastikan apa jenis penyakit itu.

Penyakit misterius yang menyerang warga memiliki gejala yang sama dengan demam malaria. Namun, setelah tim Dinas Kesehatan melakukan rapid test atau tes cepat malaria kepada para pasien, ternyata hasilnya negatif.

"Ternyata, setelah kita cek menggunakan rapid test cepat, hasil yang keluar negatif," ujar Pengelola Program Malaria dari Dinas Kesehatan Aceh Barat, Azwar Liza kepada Liputan6.com, Selasa, 27 November 2018, malam.

Dia mengatakan pihaknya juga sudah menurunkan tim ke Desa Baro Paya serta mengambil sampel darah dari 50 orang warga setempat, tetapi tidak satu pun dari warga yang positif malaria.

"Kami mengambil juga sampel untuk pemeriksaan laboratorium. Biar lebih akurat. Setelah kami periksa ke laboratorium hasilnya juga negatif. Akhirnya kita mengambil sampel darah 50 orang masyarakat, cuma negatif juga hasilnya," ungkap Azwar.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kaloe berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Q36pNJ

No comments:

Post a Comment