Pages

Wednesday, October 3, 2018

Dalam 4 Jam, Gunung Soputan 4 Kali Meletus

Liputan6.com, Ratahan - Sejak pertama erupsi pada, Rabu (3/10/2018) pukul 08.47 Wita, hingga saat ini, Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara, tercatat sudah empat kali mengalami letusan.

"Ya, hingga pukul 11.52 Wita, tercatat sudah empat kali Gunung Soputan mengalami erupsi," ungkap Kepala Pos Pengamatan Gunung Berapi Soputa, Asep Saefullah saat dihubungi Liputan6.com.

Asep mengungkapkan, letusan kedua terjadi pukul 10.44 Wita, disusul letusan ketiga pada pukul 11.12 Wita, dan letusan keempat pukul 11.52 Wita. "Jadi dalam jangka waktu empat jam tercatat sudah empat kali terjadi letusan," ungkap dia.

Terkait kondisi tersebut, Asep mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak.

"Ini merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas," papar dia.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kaloe berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2RkUBUb

No comments:

Post a Comment